Rahasia Sukses Merawat Burayak Ikan Hias Cupang Sampai Dewasa

Rahasia Sukses Merawat Burayak Ikan Hias Cupang Sampai DewasaIkan cupang merupakan ikan hias asli dari asia tenggara dimana memiliki peminat yang sangat tinggi, bahkan banyak para pecinta ikan hias dari seluruh dunia memelihara ikan cupang ini. Karena warna nya yang unik serta memiliki sirip yang sangat indah. Karena kepopuleran ikan cupang di kalangan para pecinta ikan hias maka saat ini banyak sekali orang yang mencoba untuk mengembangbiakkannya. Karena berpotensi untuk dijadikan bisnis. Namun, beternak ikan hias cupang tidak lah semudah yang anda bayangkan. Banyak breeder yang berhasil dalam pemijahan, tetapi tidak sedikit mereka yang gagal ketika merawat ikan ini sampai siap jual. Jika anda tertarik untuk beternak ikan cupang, maka ada baiknya anda membaca artikel ini sampai tuntas. Karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan rahasia sukses merawat burayak ikan hias cupang yang belum banyak diketahui orang. Untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasannya dibawah ini:

  1. Jenis Pakan yang Digunakan

Rahasia sukses merawat burayak ikan hias cupang yang pertama adalah jenis pakan yang anda gunakan. Burayak cupang memiliki ukuran yang sangat kecil sekali ketika mereka menetas, maka dari itu anda harus memberikan pakan yang sesuai dengan bukaan mulut burayak. Selain itu burayak cupang juga cenderung lebih tertarik pada makanan yang bergerak, nah untuk itu anda harus memilih makanan ikan alami sebagai pakan burayak. Karena jika burayak anda mau makan, maka tingkat kelangsungan hidupnya akan bagus. Disini kami menyarankan anda menggunakan pakan alami yang sesuai dengan bukaan mulut ikan yaitu, artemia atau moina.sp. Untuk artemia anda dapat mengkulturnya dengan membeli kista artemia dalam kemasan yang banyak dijual di toko-toko ikan hias baik online maupun offline. Tetapi untuk moina.sp anda dapat mencarinya langsung dari alam. Namun jangan lupa ketika anda menggunakan moina.sp usahakan disaring terlebih dahulu sebelum diberikan ke burayak.

  1. Media Pembesaran

Persiapan media pembesaran untuk burayak ikan hias cupang anda sangat penting diperhatikan, disini anda tidak memerlukan lahan yang luas. Ember besar yang biasa ditemukan di toko pecah belah dapat anda gunakan sebagai media pembesaran burayak. Perlu di ingat bahwa kepadatan ikan pada media pembesaran sangat mempengaruhi pertumbuhan. Maka anda harus bisa menyesuaikan banyaknya burayak yang anda miliki dengan media pembesarannya.

  1. Air

Pada umumnya burayak sangat rentan dengan kualitas air, jika air di rumah anda bersumber dari PDAM maka sebelum anda gunakan untuk media hidup burayak anda pada kolam pembesaran alangkah baiknya air tersebut di endapkan dahulu selama 1-2 hari yang bertujuan agar kandungan kaporitnya hilang. Begitu juga jika anda menggunakan air sumur. Suhu air pun berpengaruh, karena jika suhu air pada media pembesaran berbeda dengan suhu air pada media pemijahan, maka pada saat anda melakukan pemindahan burayak akan rentan kaget dan mati masal. Jadi usahakan suhu air harus sama.

Nah itulah 3 rahasia dalam merawat burayak ikan hias cupang anda agar dapat tumbuh dengan baik yang dapat anda aplikasikan dengan mudah.